Sabtu, 20 Juni 2009

Mengatasi Hasil Print / Cetak Bergaris



Terkadang saat mencetak dengan printer atau plotter kita temui masalah seperti bergaris, hal ini dapat kita atasi dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. PONDA sarankan untuk lakukan cleaning printhead dengan menggunakan fasilitas software bawaan printer
  2. Apabila masih bergaris, cobalah rendam printhead anda dengan alkohol atau cairan pembersih printhead yg banyak dijual dipasaran. Untuk mesin large format gunakan cairan pembersih solvent dengan cara merendam printhead atau cukup diusapkan menggunakan alat semacam kapas lidi, hal ini tergantung seberapa parah hasil garis anda
  3. Apabila semua cara itu tidak berhasil maka dapat diindikasikan bahwa printhead anda sudah lemah, cobalah cek printhead dengan print test, dari situ akan kita ketahu printhead warna apa yg sudah lemah, sehingga kita bisa melakukan trik misalkan dengan manambah warna tersebut ketika akan print (menambah jumlah warna yg disemprotkan oleh printe bisa kita lakukan dengan adobe photoshop atau dengan software bawaan printer anda)
  4. Selain itu anda harus merubah settingan print anda, jika sebelumnya anda menggunakan mode normal maka sebaiknya anda skr menggunakan mode best atau bisa dengan melakukan overprint (biasanya bisa dilakukan utk large format) atau dengan memperlambat kecepatn cetak
  5. Apabila semua hal tersebut tidak berhasil maka mau tidak mau anda harus ganti printhead anda agar tidak merembet ke printhead yg lain.

Oleh karena itu selalu rawat printhead anda dengan baik .

itu sedikit dari ilmu yang PONDA ketahui semoga membantu yach......... daaaaaaaa

0 Comments: