Kamis, 25 Juni 2009

Gak Bisa Konek Ke Computer Lain Dalam Satu Jaringan



1. Efektif dalam pengelolaan data, misal : penyimpanan data bisa di pusatkan di file server, sehingga efisien dalam penggunaan penyimpan data (hard disk).

2.Efektif dan efisien dalam penggunaan resource tambahan, misal : printer, CD Rom / DVD Room, dll. Mengapa demikian??… karena eh karena… semua resource tadi bisa disimpan di satu computer, kemudian di sharing, untuk digunakan oleh computer lain yang terkoneksi kedalam jaringan.

3.Lebih menghemat dana, soalnya untuk setting yang lebih canggih lagi, kita bisa menggunakan thin client (computer client yang tidak memiliki hardisk) yang semua aplikasi yang dibutuhkan dijalankan dari aplikasi yang terinstall di server, untuk menjalankan system yang seperti ini bisa menggunakan fasilitas : Terminal Service nya windows, citrix metaframe, linux, dll.

4.Aplikasi-aplikasi, terutama aplikasi Sistim Informasi Manajemen, sangat memerlukan jaringan, karena biasanya menggunakan system client server.

5.Pokoknya banyak dech.. keuntungan-keuntungan menggunakan jaringan, … tambahin yach…!!!!

Tapi memang,.. ada kerugiannya juga, misal infeksi virus computer bisa meyebar ke cmputer lain,… tapi itu mah tinggal pinter-pinternya ita aja mengantisipsasinya, misal dengan cara selalu update antivirus. Pokoknya lebih banyak keutungannya daripada kerugiannya. Masa .. hari gini gak pake jaringan ????!!!!!!

Tapi masalah utama yang akan terasa, terutama jika kita sudah sangat tergantung jaringan, adalah tidak terkoneksinya computer kita kedalam jaringan. Tenang.. don’t’ panic.. coba deh lakukan langkah-langkah touble shout sebagai berikut :
1.Periksa kabel jaringan (kabel UTP) yang terpasang di computer, apakah jack (RJ 45) yang terpasang di computer membuat led indicatornya menyala (kelap-kelip), kalau masih menyala, berarti masalah pengkabelan tidak masalah.
2.langkah yang kedua, cek konfigurasi IP Address di computer :
pada task bar, klik tombol Start, lalu klik run
ketikkan “cmd”
lalu setelah muncul layer dos promt coba cek apakah computer terhubung dengan computer lain lewat computer name / ip addressnya misal : kita akan cek apakah komputernya terhubung dengan computer lain yang punya nama “server / 192.168.8.1”, ketikkan “ping server / ping 192.168.8.1”
Jika muncul response “reply from….” Berarti sebetulnya computer kita masih konek kedalam jaringan dan masalahnya jika ternyata kita tidak bisa browse file yang di sharing dari computer lain, ato tidak bisa print ke printer yang terpasang di computer lain adalah masalah firewall di win xp computer tersebut harus dimatikan, ato biasanya kita harus tau password dari computer tersebut (tidak harus password admin, tapi cukup password Guest / password yg memiliki akses terbatas untuk menjaga keamanan).
Jika muncul “request time out….” , berarti masalah ada pada konfigursi IP Address / TCP IP nya…. Solusinya … panggil Technical Support nya aja ? hehehe… soalnya rada lumayan rumit…. Harus cek konfigurasi di windows… ato juga harus cek konfigurasi kabel dan switchnya.

Kesimpulannya : dengan menggunakan system jaringan akan lebih keuntungan yang dirasakan, tapi jika ada masalah dengan jaringan, lakukan dulu langkah-langkah di atas dan jika masih bermasalah hubungi aja technical supportnya.

Demikian artikel mengenai jaringan computer kali ini, moga bermanfaat, dan Isya 4JJI kita sambung lagi di artikel-artikel selanjutnya….

Jika butuh konsultasi mengenai jaringan, ato mau pasang jaringan computer,
Hub :
email : firman_arrow@yahoo.com


Related posts:

  1. Aplikasi P.O.S, perlukah ?? Bagi Anda pemilik Toko / Minimarket / Supermarket, masalah-masalah pengelolaan barang / inventory, manajemen pemasaran, penggajian karyawan dan pengontrolan operasional usaha sudah menjadi pemikiran dan...
  2. Kisah Anne, Bermanfaat untuk orang lain Kisah Anne Ada pasangan suami isteri yang sudah hidup beberapa lama tetapi belum mepunyai keturunan. Sejak 10 tahun yang lalu, sang istri terlibat aktif dalam...
  3. KEKENTALAN DARAH DALAM TUBUH, MENGAPA TERJADI ??? Bacaan dari milist sebelah… KEKENTALAN DARAH DALAM TUBUH, MENGAPA TERJADI ??? Ada satu pertanyaan yang masuk ke mailbox saya, yaitu “Mengapa harus minum air putih...
  4. Mari nge-blog Image via Wikipedia Jaman sekarang internet sudah merupakan kebutuhan pokok bagi semua kalangan, mulai orang desa maupun orang kota, pelajar, mahasiswa, pekerja bahkan pengangguran. Kenapa...? heheheh

0 Comments: